Jumat, 29 Januari 2010

Jenis-Jenis Bisnis Di Internet


Seperti yang kita ketahui terdapat banyak sekali macam-macam bisnis di internet, sebelum memulainya ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bisnis di internet, berikut kutipannya.

1. Sell Your Own Product
adalah menjual produk Anda sendiri, baik hasil produksi Anda sendiri maupun produksi orang lain yang Anda stok. Ini adalah kategori model bisnis yang paling awal dilakukan di internet dan saat ini merupakan kategori model bisnis yang paling populer dilakukan di internet saat ini. Produk disini bisa merupakan produk physical/berwujud ataupun produk digital seperti ringtone, ebook, MP3, software, membership, dan lain-lain.

2. Sell Your Own Services
adalah menjual service/jasa Anda. Ini adalah sebuah kategori model bisnis yang berkembang pesat saat ini. Umumnya yang Anda jual adalah skill/keterampilan yang Anda miliki. Sedangkan yang membayar Anda adalah orang yang membutuhkan keterampilan yang Anda miliki. Sebagai contoh : jas pembuatan website, jasa design logo/banner, jasa menulis artikel, jasa menerjemahkan, jasa membuat program komputer, jasa SEO, dan masih banyak lagi jasa yang dipasarkan melalui internet.

3. Affiliate Marketing
adalah menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead), atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click). Bisa diibaratkan Anda seperti seorang agen atau makelar yang memasrkan produk orang lain atau produk sebuah perusahaan atau affiliate merchant. Contoh merchant : PayDotCom, ClickBank, Dll.

4. Contextual Advertising
adalah kategori model bisnis dimana Anda membuat website dengan content/informasi yang menarik sehingga dikunjungi banyak visitor sedangkan penghasilan diperoleh dari iklan/advertising berupa iklan text, banner atau video yang relevan dengan isi/content dari website. Jadi misalkan website Anda adalah website yang menampilkan hasil dari pertandingan sepakbola, maka advertising/iklan yang akan muncul di website Anda adalah hal-hal yang berhubungan dengan sepak bola. Misalkan seperti merchandise dari klub sepakbola, perlengkapan permainan sepakbola, dan sejenisnya. Contoh : AdSense, AdBrite, dll.

5. Site Flipping
adalah model bisnis yang melibatkan transaksi jual beli website. Website adalah sebuah aset sehingga seperti rumah, jual beli website adalah hal yang mulai sering dilakukan. Ada orang yang membuat website dengan tujuan untuk dijual. Ada orang yang membeli banyak website yang mempunyai nilai yang masih rendah, lalu dipoles sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Ada yang membeli website yang sudah ‘jadi’ untuk dijadikan mesin uang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.